3 Profesi Yang Bakal NgeTren di Tahun 2022

3 Profesi Yang Bakal NgeTren di Tahun 2022, bahkan hingga kemungkinan besar akan menjadi sebuah ide profesi sebagai karir bisnis di tahun-tahun berikutnya. Yuk.. mari kita simak apa saja, agar digitalian tidak ketinggalan peluangnya.

3 Profesi Yang Bakal NgeTren di Tahun 2022
3 Profesi Yang Bakal NgeTren di Tahun 2022 — SIDiGi Tekno

Bekerja di Bidang Konten Digital

Profesi ini sebenarnya sudah lama hadir melengkapi dunia karir bisnis, utamanya pada sektor marketing online. Namun karena semakin hari teknologi berbasis informasi digital terus saja berkembang maju, maka peluang untuk memiliki karir dengan profesi sebagai pembuat konten ini memang boleh dibilang merupakan peluang karir sepanjang masa (depan).

Awalnya, profesi ini banyak ditekuni oleh generasi millenial dan Gen Z secara paruh waktu. Atau biasa kita kenal dengan sebutan Freelancer. Sarana digital yang dimanfaatkan cukup bervariasi, mulai dari akun media sosial, website pribadi (blog) hingga aplikasi smartphone.

Bekerja di Bidang Konten Digital
3 Profesi Yang Bakal NgeTren di Tahun 2022

Namun, karena semakin banyak perusahaan maupun startup bisnis membutuhkan profesi ini secara intens, maka tidak sedikit yang kemudian akhirnya direkrut sebagai tenaga pekerja tetap sesuai dengan keahliannya dalam bidang pengadaan konten digital tersebut.

Apa saja keahlian khusus yang dapat dijadikan sebagai profesi di bidang konten digital? Berikut adalah beberapa jenisnya :

Content Creator

Sesuai dengan sebutannya, biasanya keahlian ini lebih kepada bagaimana seorang talent dapat mewujudkan sebuah konten promosi dari yang sama sekali belum ada. Namanya juga membuat konten, tentu biasanya melalui proses pembuatan dari awal hingga menjadi sebuah alat promosi digital yang dapat menarik perhatian.

Profesi bawaan yang kemungkinan besar dapat diwujudkan sebagai peluang untuk menjadi pembuat konten digital antara lain adalah seorang desainer grafis, ilustrator atau penulis (content writer). Seorang content creator, biasanya hanya bertugas untuk membuat konten saja.

Content Publisher

Nah, setelah konten ada, maka biasanya yang kemudian bertugas untuk mempublikasikan materi konten tersebut adalah seorang penerbit konten. Caranya beragam, bisa cukup dengan hanya langsung dimuat saja pada akun sosial media, maupun diolah kembali agar menjadi sebuah konten yang lebih kaya serta menarik.

Idealnya, sebuah perusahaan biasanya membentuk tim khusus yang menangani bidang konten ini. Terdiri dari pembuat konten, konten editor serta penerbit konten yang dikerjakan oleh admin website, blog atau staff khusus yang bertugas mengelola akun media sosial resmi milik perusahaan tersebut.

Content Agency

Jika kedua informasi di atas merupakan praktisi pembuat serta penyebar konten. Maka sebagai pelaku bisnis di bidang konten yang menjadi sarana market antara publisher dengan advertiser ini, biasa dikenal dengan agensi konten digital marketing. Jasa yang disuguhkan bisa macam-macam, antara lain :

  • Jasa menulis serta publikasi konten promosi di blog personal.
  • Jasa press release di situs berita terkenal, pendidikan maupun pemerintahan.
  • Jasa promosi iklan premium di situs pencarian populer maupun social media.
  • Jasa backlink pada situs dengan trafik serta domain authority tinggi.

Menekuni Profesi Sebagai Seorang Youtuber

Sudah pernah mendengar atau melihat seorang influencer youtuber bisa membeli rumah pribadi seharga milyaran rupiah? Atau bahkan membeli mobil mewah sekelas artis papan atas? Tidak hanya bukti tersebut saja, bahkan banyak yang kemudian kehidupan ekonominya menjadi lebih bermanfaat dengan cara membantu orang lain.

Ini artinya, sebagai seorang youtuber juga dapat dijadikan sebagai profesi yang menarik untuk karir bisnis di era teknologi seperti sekarang. Bahkan, tak jarang beberapa bisnis lain yang kemudian menggandeng para youtuber untuk dijadikan sebagai influencer hingga brand ambassador dengan bayaran yang luar biasa fantastis!.

Berikut adalah beberapa ide konten kreatif yang memiliki peluang besar menghasilkan cuan, bahkan bisa juga menjadi profesi :

Menekuni Profesi Sebagai Seorang Youtuber
3 Profesi Yang Bakal NgeTren di Tahun 2022

Tips, How to & Style.

Jika digitalian saat ini sudah memiliki keahlian atau passion khusus terhadap sesuatu, itu akan menjadikannya lebih mudah untuk memulai. Semisal, punya pengalaman membuat website untuk bisnis online, bisa saja membuat sebuah video tutorial seputar bidang tersebut. Bahkan, sesekali bisa menyisipkan informasi jasa melayani pembuatan toko online.

Konten yang berisi tentang Gaya Hidup juga sangat menarik serta banyak dicari oleh para penonton kanal youtube. Antara lain, bagaimana cara melipat pakaian praktis dan cepat saat akan melakukan perjalanan jauh. Atau tips sederhana memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan sebagai hiasan di rumah.

Wisata & Traveling

Senang jalan-jalan keliling Indonesia? Jangan sia-siakan dengan peluang menarik dapat cuan saat asik bepergian. Sederhananya, bisa dimulai dengan meliput tempat wisata yang dikunjungi, lalu kemudian menjadikan sebuah konten informatif. Jika beruntung, digitalian bisa saja digaet sebuah pelaku bisnis wisata tertentu untuk dijadikan duta iklan wisata, pasti mau bukan?

Tak sedikit yang kemudian juga berhasil dengan menjadi youtuber khusus di bidang pariwisata ini. Bahkan ada juga lho, yang kemudian bertugas traveling ke daerah wisata tertentu dengan biaya yang sudah ditanggung. Jadi, sambil touring bisa dapat uang!.

Edukasi Online

Nah kalau yang ini, mungkin lebih khusus pada seseorang yang saat ini sudah memiliki profesi sebagai seorang guru, dosen maupun tenaga pengajar lain sesuai disiplin ilmu yang dimilikinya. Kita semua mengetahui, tren pembelajaran online ini mulai mencuat saat terjadinya wabah pandemi.

Namun sejalan dengan perkembangannya, sepertinya pendidikan menggunakan metode online ini terus saja mengalami perkembangan dan semakin bisa diadaptasi serta dirasakan manfaatnya oleh hampir semua lapisan masyarakat secara umum. Ini artinya, peluang memiliki karir maupun bisnis di bidang edukasi juga semakin terbuka lebar.

Selain sebagai peluang karir baru, ini juga merupakan sebuah prestasi. Seperti yang baru-baru ini dihadirkan oleh Universitas Siber Muhammadiyah, misalnya. Sarana berbasis teknologi pendidikan berupa Kuliah Online ini justeru muncul saat pandemi melanda Indonesia. Luar biasa, bukan?

Tentu tak main-main, sarana penunjang Belajar Sepanjang Masa Tanpa Batas ini Telah mendapat izin operasional No. 430/E/O/2021 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Cara menyediakan sarana Edukasi Online

Tidak sulit, bahkan jika mau memanfaatkan sarana edukasi online yang sudah ada, kita tidak perlu repot membuatnya. Seperti yang sudah tersedia pada Google Classroom, cukup memiliki akun google, digitalian sudah bisa mengakses fitur sekolah online gratis untuk menyelenggarakan pembelajaran secara daring.

Cara menyediakan sarana Edukasi Online
3 Profesi Yang Bakal NgeTren di Tahun 2022

Jika tak cukup, atau memiliki kebutuhan fitur kustomisasi khusus, bisa saja memanfaatkan beberapa platform serta engine LMS (Learning Management System), yang juga tersedia secara gratis, seperti yang akan kita temukan pada WordPress atau Moodle.

Apakah 3 Profesi Yang Bakal NgeTren di Tahun 2022 sudah dicoba?

Tak akan bisa dan terbiasa jika tidak mencoba. Begitulah kira-kira rumus utama agar digitalian dapat segera meraih peluang profesi yang akan menjadi tren mulai tahun 2022 ini.

Agar tidak terlalu kaget (bagi yang sama sekali belum mengenal baik sarana teknologi), bisa dimulai dengan mencoba alat digital yang paling mudah serta gratis. Antara lain dengan mencoba menggunakan aplikasi Kelas Google Gratis yang dapat diunduh dengan mengakses halaman Aplikasi Google Classroom.

Selamat meraih impian finansial baru pada era teknologi dengan memanfaatkan peluang yang sudah tersedia di depan mata. Semoga artikel tentang informasi 3 Profesi Yang Bakal NgeTren di Tahun 2022 ini, dapat menjadi manfaat.

Leave a Reply