Dampak Pembelajaran Daring Secara Umum

Dampak Pembelajaran Daring Secara Umum. Tentu semua setuju, bahwa segala sesuatu, pastilah memiliki pengaruh baik maupun buruk. Tak terkecuali juga pada perkembangan teknologi di bidang pendidikan. Sistem edukasi berbasis teknologi digital, memang sudah mulai diperkenalkan semenjak beberapa waktu silam. Hingga saat ini, kita lebih mengenalnya dengan istilah Belajar Online atau Belajar Daring.

Dampak Pembelajaran Daring Secara Umum
Ilustrasi Belajar Daring

Program Pemerintah Belajar Daring

Sependek yang SIDiGi ketahui saja, pada tahun 2014 yang lalu, pemerintah secara terpadu serta berkesinambungan terus menggiatkan sistem belajar online di setiap lini literasi edukasi. Salah satunya seperti yang pernah dilansir pada blog resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai berikut :

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) Boediono, didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meluncurkan dua layanan pendidikan berbasis pada penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Peluncuran dilakukan pada hari ini Rabu (15/10/2014), di kantor Kemdikbud, Jakarta. Dua layanan tersebut adalah Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka Terpadu, disebut juga Kuliah Daring dan layanan sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Wapres Luncurkan Dua Layanan Pendidikan Berbasis TIK Hari Ini

Dan seperti yang sudah kita rasakan bersama saat ini, telah hadir berbagai macam sarana serta platform berupa situs maupun aplikasi yang memudahkan siapa saja termasuk siswa dan tenaga didik, untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi berupa sistem pembelajaran online.

Dampak Positif Pembelajaran Daring

Ini memang membutuhkan sebuah proses. Artinya, walaupun manfaat baik dari sistem belajar online belum dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat, namun secara umum telah memiliki nilai positif, seperti :

  • Membantu siswa untuk memiliki waktu belajar yang lebih efektif serta efisien
  • Membantu tenaga didik dalam hal mengetahui potensi siswa di era teknologi digital
  • Membantu siswa meningkatkan kemandirian, pola pikir serta kreatifitas
  • Sebagai sarana nyata bagi guru maupun siswa dalam menyesuaikan diri mengikuti perkembangan teknologi terbaru

Jika ada dampak positif, lalu bagaimana dengan dampak negatifnya? Mohon maaf bagi yang tidak setuju, namun menurut SIDiGi sendiri, pengaruh buruk terhadap sesuatu hal akan bergantung kepada kepribadian masing-masing. Jadi mungkin lebih tepat jika kami sebut sebagai kendala saja.

Kendala Penerapan Sistem Pendidikan Online

Dampak Pembelajaran Daring Secara Umum — Tak terkecuali bagi siswa maupun guru sebagai tenaga didik, beberapa kondisi seperti dibawah ini memang masih menjadi peluang yang menjadikan belum berhasilnya penerapan sistem pembelajaran daring secara menyeluruh, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Keterbatasan koneksi internet
  2. Belum memiliki alat digital pendukung yang memadai untuk kebutuhan pembelajaran online
  3. Belum sepenuhnya terbiasa dalam menggunakan gawai sebagai sarana edukasi digital

Sarana Pembelajaran Online Yang Telah Tersedia Gratis

Jika kita hitung dengan jari tangan, mungkin bisa saja jumlah sarana digital penunjang pendidikan daring sudah tak terhitung. Hal ini menjadi bukti bahwa teknologi sangat mempengaruhi dunia pendidikan. Kedepan, tentu ini perlu disikapi secara bijak oleh semua pihak, agar fenomena ini justeru akan semakin memudahkan tercapainya tujuan kemajuan dunia edukasi pendidikan di Indonesia.

BELAJAR.ID — Akun Pembelajaran Resmi dari Kemdikbudristek

Akun Pembelajaran ini dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan. Dengan Akun Pembelajaran, kita bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

Video cara aktivasi akun di belajar.id

Semoga artikel tentang Dampak Pembelajaran Daring Secara Umum ini, dapat bermanfaat, ya. Sebagai Orangtua peserta didik, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengikuti update terbaru terkait sarana pendidikan berbasis teknologi, agar dapat mendampingi siswa didik secara maksimal saat mereka melaksanakan belajar online daring.

Era digital akan terus berlangsung bersama kita, mari menyiapkan diri untuk menjadi pelaku serta penikmat sarana kemajuan teknologi secara pintar dan bijaksana. Pastikan kita dapat menjadi filter bagi generasi penerus yang akan terlibat secara langsung dan terus-menerus bersama teknologi.

Punya pengalaman unik atau bahkan menarik saat menggunakan aset digital pendidikan online? Silahkan berbagi manfaat bersama kami.

Leave a Reply