Peluang Menjadi Freelance di Bidang Teknologi

Peluang Menjadi Freelance di Bidang Teknologi Informasi Digital. Beberapa dasawarsa sebelum sekarang, paradigma bahwa seseorang dapat dikatakan memiliki sebuah pekerjaan adalah dengan rutinitas produktif keseharian sejak pagi hingga sore harinya. Dengan kompensasi berupa gaji tetap yang akan diterima setiap bulan. Ada dua istilah populer yang sama-sama kita kenal saat itu, yakni Pegawai Negeri dan Karyawan Swasta.

Peluang Menjadi Freelance di Bidang Teknologi
Peluang Menjadi Freelance di Bidang Teknologi – SIDiGi Tekno

Seiring dengan berkembangnya teknologi, peluang untuk memiliki sebuah pekerjaan yang menghasilkan juga semakin bertambah. Ada yang kemudian menyebutnya dengan istilah karir bisnis, digital marketing, reseller, influencer, blogger, dropsiper dan lain sejenisnya. Waktunya bisa jadi sama, seharian. Namun perbedaannya terletak pada apa yang dapat dilakukan secara produktif dalam waktu sehari penuh.

Apa Pengertian Kerja Freelance Secara Umum?

Menurut Ensiklopedia Bebas, freelance disebut juga dengan Tenaga Lepas. yaitu sebuah pekerjaan yang dilakukan dalam paruh waktu sesuai dengan keahlian. Pelaku pekerjaan ini kemudian dikenal dengan istilah Freelancer. Pekerjaan ini dapat dilakukan sendiri atau secara kelompok dengan memiliki sebuah naungan bisnis tertentu maupun tidak.

Digitalian pernah mendengar istilah outsourching? SIDiGi Tekno bahkan sempat memiliki opini bahwa tren pekerjaan sebagai freelance ini, bisa jadi menjadi populer sejak maraknya beberapa perusahaan serta lembaga pemerintah mulai menggunakan jasa pihak ketiga outsourching.

Hal ini biasanya dilakukan untuk memperkecil biaya produksi atau untuk memusatkan perhatian kepada hal utama dari perusahaan tersebut.

Bagaimana Sistem Kerja Freelance?

Karena tenaga lepas ini bekerja secara mandiri, maka sistem pekerjaan mengacu kepada metode self-employed. Artinya, segala aspek pekerjaan dapat ditentukan secara mandiri, termasuk dalam hal jenis pekerjaan, kompensasi (gaji/fee) yang ditawarkan, tim yang bekerja, batas waktu penyelesaian dan juga klien yang sekiranya cocok untuk dapat melakukan kerja sama sesuai dengan bidangnya.

Siapa Saja Yang Bisa Menjadi Freelancer?

Setiap orang dengan keahlian tertentu bisa saja menjadikan dirinya sebagai tenaga lepas (freelancer) profesional. Tidak ada batasan khusus terkait hal ini. Jika Digitalian memiliki keahlian khusus dalam membuat website, tawarkan saja untuk menjadi freelancer dengan jenis layanan membangun website, baik untuk pribadi, organisasi maupun perusahaan.

Beberapa Peluang Menjadi Freelance di Bidang Teknologi

Berikut ini adalah beberapa jenis peluang menjadi freelancer, khususnya di bidang Informasi dan Teknologi yang dapat dicoba sebagai awal untuk memulai karir bisnis.

Menjadi Penulis Berita Online

Sejak hadirnya teknologi informasi, situs berita menjadi populer sebagai media penyedia informasi digital. Selain memiliki tim redaksi khusus, beberapa situs berita milenial seperti IDN Times, Babe dan JalanTikus, memberikan kesempatan kepada netizen secara umum untuk dapat menjadi kontributor.

Topik informasi serta berita yang disediakan juga cukup banyak, jadi Digitalian bisa mencoba dengan topik yang paling sesuai, seperti misalnya : Gaya Hidup, Bisnis, Edukasi termasuk juga Teknologi. Bayaranya juga cukup lumayan, mulai dari kisaran puluhan ribu sampai dengan jutaan.

Menjadi Content Publisher di Blog dan Social Media

Peluang ini cocok bagi Digitalian yang saat ini sudah memanfaatkan aset digital dalam keseharian berupa blog serta akun social media. Banyak agensi di luar sana yang akan menjadi media bertemunya antara advertiser pemilik bisnis dan influencer. Tidak hanya di Indonesia, lho.. jika beruntung, bisa juga mendapatkan pekerjaan dari negara lain, seperti yang pernah SIDiGi Tekno ulas pada artikel tentang 10 Cara Jitu Mendapat Job Review.

Sistem kerjanya hampir mirip dengan menjadi penulis berita online, Digitalian akan mendapatkan pekerjaan untuk melakukan review atau memberikan informasi tentang bisnis tertentu untuk kemudian dibuat konten berupa konten di blog pribadi maupun di akun social media. Sebagai contoh, silahkan mencoba mendapatkan peluang menjadi influencer pada situs SOSIAGO Indonesia.

Freelance Sebagai Desainer Grafis

Digitalian senang atau bahkan punya keahlian khusus di bidang desain grafis? Banyak juga peluangnya untuk menjadi tenaga lepas, lho. Beberpa peluang tersebut antara lain adalah menjadi seorang pembuat logo atau banner website, perancang gambar produk, bahkan sebagai ilustrator game maupun video marketing online.

Sama halnya seperti menjadi penulis konten, saat ini sudah banyak marketplace influencer yang menyediakan tempat bagi para desainer grafis untuk dapat memasarkan jasa keahliannya melalui internet. Salah satunya seperti yang tersedia di situs Fiverr Freelance Services.

Nah, dari beberapa Peluang Menjadi Freelance di Bidang Teknologi seperti yang sudah disampaikan tersebut, kira-kira mana yang akan Digitalian coba terlebih dahulu? Apapun itu, semoga sukses, ya.. jangan lupa untuk terus memperdalam keahlian pada bidang yang saat ini sedang ditekuni. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply