Tips Mengamankan Akun Bisnis

Tips Mengamankan Akun Bisnis Online bagi Pemula. Di era teknologi digital, tidak semua dapat dipastikan 100% aman. Digitalian mungkin juga sudah sering mendengar teman bisnis yang akun emailnya diretas, facebooknya di hack, bahkan keluarga terdekat kita yang percakapan chat whatsappnya bisa disadap oleh pihak lain yang tidak dikenal. Namun paling tidak, beberapa tips ini akan dapat membantu memaksimalkan tingkat sekuritas secara berkala.

Tips Mengamankan Akun Bisnis
Menjaga Agar Akun Bisnis Tetap Aman

Tips Mengamankan Akun Bisnis ini, dapat digunakan untuk diterapkan pada berbagai jenis aset digital, seperti alamat surel, profil bisnis di social media, percakapan digital, online shop, youtube hingga akun marketplace yang digunakan sebagai sarana penunjang bisnis online marketing digital.

Tips Mengamankan Akun Bisnis Secara Umum (Pemula)

Sebenarnya, hampir semua platform penyedia aset teknologi digital sudah menerapkan sistem keamanan dengan tingkat sekuritas yang sangat memadai. Terutama pada platform populer yang sering digunakan saat ini. Hanya saja, karena kondisi serta keterbatasan tertentu, terkadang kita kurang memperhatikan fitur tersebut. Untuk itu, pada artikel informasi ini, SIDiGi Tekno akan mencoba memaparkan secara singkat untuk Digitalian.

Gunakan Nomor Handphone yang Selalu Aktif

Tips ini merupakan langkah awal yang cukup penting. Mengapa? Karena hampir sebagian besar platform penyedia akun aset digital akan memerlukan nomor handphone sebagai alat verifikasi. Coba perhatikan, saat akan mendaftar akun sosmed saja, hampir semua mewajibkan untuk memasukkan nomor handphone. Jadi, pastikan nomor handphone selalu dalam keadaan aktif jika akan dipergunakan untuk mendaftar akun aset digital, ya.

Aktifkan Fitur 2 Tahap Verifikasi

Sependek yang SIDiGi Tekno ketahui, saat ini masih jarang pemilik akun berbasis teknologi digital yang memanfaatkan fitur sekuritas ini. Memang tidak salah, jika sepintas kita coba terapkan, fitur verifikasi 2 tahap ini memang terkesan rumit bahkan menyulitkan. Bagi sebagian orang, mungkin merasa fitur ini terlalu merepotkan.

Padahal, tingkat kesulitan memang biasanya berbanding sejajar dengan sistem keamanan yang akan didapatkan. Contoh nyatanya semisal, seperti ini : Pintu rumah kita pasang 2 buah kunci agar lebih aman. Saat kita sendiri yang keluar masuk, memang akan terasa repot karena harus membuka kedua kunci tersebut. Namun dari sisi keamanan, tentu ini lebih menguntungkan, paling tidak dapat memperlambat agar pintu tersebut terbuka.

Sama halnya dengan fitur teknologi verifikasi 2 tahap. Kita sebagai pemilik akun, akan diminta agar mengaktifkan metode keamanan dengan cara 2 tahap masuk (login). Jadi, setelah memasukkan nama pengguna dan kata sandi, ada satu tahapan lanjutan agar kita bisa mengakses akun. Beberapa fitur verifikasi 2 tahap yang populer tersebut, adalah :

  • Verifikasi melalui pesan singkat (SMS/Whatsapp).
  • Tombol Autentikasi menggunakan Aplikasi.
  • Menggunakan alat keamanan tambahan berupa USB Key Strong Two Factor Authentication, seperti yang diproduksi oleh Yubico.

Nah, jadi jangan lupa, ya. Biasakan diri untuk lebih familiar dengan fasilitas keamanan yang tinggi. Ini gratis, kok. Kecuali jika menggunakan alat tambahan yang perlu kita beli untuk menambah tingkat sekuritas sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Pilih Koneksi Internet Terbaik

Ini juga terkadang sering kita lupakan. Bahkan, kita sering terbiasa melakukan login ke akun pribadi maupun bisnis saat menggunakan koneksi internet umum (publik). Sebenarnya tidak tidak disarankan. Alangkah lebih baik jika Digitalian selalu berusaha membatasi untuk masuk ke akun ketika berada pada koneksi internet pribadi saja. Menggunakan paket data pada nomor pribadi misalnya, atau saat di rumah dengan koneksi wifi internet sendiri.

Beberapa pelaku bisnis bahkan seringkali membawa alat koneksi sendiri berupa Mobile Wireless Router untuk mencukupi kebutuhan internet saat berada di tempat umum dan mengharuskan untuk memeriksa akun aset bisnisnya.

Tips Mengamankan Akun Bisnis Secara Khusus (Lanjutan)

Jika uraian singkat tentang Tips Mengamankan Akun Bisnis di atas merupakan cara sederhana secara umum, maka sebagai tips lanjutan SIDiGi Tekno akan mencoba memberikan tips yang berlaku secara khusus juga, ya. Beberapa tips khusus tersebut adalah seperti berikut ini :

Kenali Integrasi Antar Sesama Platform

Agar lebih mudah dipahami, salah satu contoh kasusnya adalah seperti ini : saat mendaftar pada situs tertentu, tersedia fitur mudah untuk mendaftar dengan cara integrasi (menyambungkan) dengan akun sosial media milik kita. Ini memang lebih mudah, kita tidak perlu mengisi form, cukup beberapa kali klik, akan langsung terdaftar. Namun dengan cara seperti itu, otomatis secara tidak langsung kita juga memberikan beberapa izin penting untuk situs tersebut.

Seperti misalnya, informasi profil, kontak, pertemanan bahkan terkadang ada yang sampai meminta akses untuk dapat melakukan update pada akun media sosial pribadi kita. Jadi, sebaiknya hindari proses seperti ini, ya. Terkecuali Digitalian memang mempercayai benar situs tersebut.

Lakukan Pergantian Kata Anda Berkala

Sebagai saran awal, pastikan membuat kata sandi dengan karakter yang tidak mudah ditebak seperti nama lengkap, nama pasangan, hari lang tahun dan sejenisnya. Jika memang sekiranya kesulitan akan mengingat, catat kata sandi tersebut di tempat yang tidak mudah diketahui oleh orang lain.

Setelahnya, biasakan untuk melakukan update kata sandi secara berkala. Hal ini sering dilakukan oleh para praktisi aset teknologi digital agar dapat menjaga keamanan akun secara maksimal.

Nah, semoga artikel singkat yang membahas tentang Tips Mengamankan Akun Bisnis ini dapat membantu, ya. Jangan tunggu segala sesuatu menjadi terlanjur menyulitkan saat kita kehilangan akses pada akun pribadi maupun bisnis. Sulit di awal namun akan lebih terasa nyaman serta mudah di kemudian hari, tentu lebih tepat sebagai pilihan.

Video Google Tentang Menjaga Keamanan Online

Leave a Reply